3 Jenis Lampu TL LED yang Paling Sering Ditemukan di Pasaran

Tahukah Anda apa itu jenis lampu TL LED? Merupakan sebuah lampu berbentuk tabung (tube) yang menggunakan teknologi Light Emitting Diode (LED) sebagai pemancar sinar cahaya.

Nah, jenis lampu TL LED sendiri memiliki puluhan bahkan ratusan teknologi LED di dalamnya. Maka tidak mengherankan jika sinar lampu ini sangat terang dibandingkan lampu neon konvensional.

Keunggulan yang paling menonjol dari lampu TL LED adalah dapat menghemat listrik hingga 60%. Beberapa sumber menyebutkan bahkan pemakaian watt nya bisa memotong setengah dari watt lampu neon biasa.

Hal ini dikarenakan pada penggunaannya lampu TL LED tidak memerlukan starter atau ballast, dimana komponen ini dapat menyerap daya listrik lebih banyak.


Mengetahui Jenis Lampu TL LED


jenis lampu TL LED
harga.web.id

Bagi kamu yang membutuhkan lampu berkualitas tinggi namun hemat listrik, lampu TL LED adalah salah satu solusinya.

Meski agak merogoh kantong lebih banyak dibandingkan lampu neon konvensional, namun daya awet lampu TL LED sangatlah panjang.

Sehingga dirasa tidak masalah dengan harga yang sedikit lebih mahal, yang penting ada harga ada kualitas.

Neon TL LED T8

Berdasarkan bentuk dan jenisnya lampu TL LED T8 terbagi ke dalam dua golongan. Lampu TL LED T8 biasa dan lampu TL LED T8 poly acrylic.

Keduanya sama-sama memiliki panjang hingga 60 cm dengan tegangan AC hingga 220 V. Selain itu untuk nyala lampu terdapat Anda bisa memilih diantara dua pilihan yaitu white dan warm white.

Kedua jenis lampu TL LED ini juga sangat hemat listrik. Dimana dalam pemakaian kita bisa menghemat hingga setengah dari watt lampu neon konvensional biasa.

Sungguh hemat bukan?

Perbedaan Neon TL LED T8 biasa dan Neon TL LED poly acrylic adalah pada bahan pelapis bagian luarnya. Saat dinyalakan lampu ini cukup bersahabat di telinga karena tidak mengeluarkan suara berdengung.

Neon TL LED T8 dilapisi dengan bahan jenis plastik berwarna putih susu dan transparan. Dengan masa pakai sangat awet dapat mencapai sekitar 40.000 jam pemakaian.

Sedangkan lampu neon TL LED T8 poly acrylic dilapisi dan dibungkus oleh tabung akrilik berwarna putih susu pada bagian luarnya.

Spesifikasi lampu neon TL LED T8 poly acrylic yaitu memiliki jumlah LED hingga 48 LSDs dan Chpis LED SMD 2835.

Lampu yang satu ini juga dapat menggantikan lampu konvensional dengan mudah memasangnya pada fitting lampu konvensional.

Neon TL LED T8 120 cm

Secara umum spesifikasi jenis lampu TL LED yang kedua hampir sama dengan lampu yang sebelumnya. Hanya saja memiliki panjang yang berbeda yaitu hingga 120 cm dengan tegangan AC hingga 220 V.

Bagian luar cover lampu TL LED T8 120 cm ini juga dilapisi oleh cover berbahan plastik transparan warna putih susu.

Mengikuti warna covernya, nyala lampu juga ada dua jenis yaitu white dan warm white. Kelebihan neon TL LED T8 120 cm ini yaitu umur pakai yang lebih lama dari kedua lampu sebelumnya.

Dikarenakan suhu yang dimiliki lampu ini lebih rendah sehingga membuat lampu ini menjadi lebih awet dan tahan lama.

Neon TL LED T8 HD 144 LED

Spesifikasi lampu neon TL LED T8 144 mirip dengan lampu neon TL LED T8 120 cm. Yang membedakan adalah pada umur pakai dan daya tahan lampu.

Dilengkapi Chip LED SMD 2835 dan LED 144 LEDs, menjadikan jenis lampu TL LED yang satu ini paling hemat listrik dibandingkan jenis lampu TL LED lainnya.

Sering digunakan sebagai penerangan indooer seperti universitas, sekolah, ware house, perkantoran, dan lain sebagainya.


Itu dia beberapa jenis lampu TL LED yang mungkin bisa kamu jadikan acuan sebelum membelinya. Ingat membeli disesuaikan dengan kebutuhan ya!

Baca Juga: Jenis Kabel Listrik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.