Jenis Kompresor AC Refrigerator Berdasarkan Prinsip dan Cara Kerjanya

Beberapa komponen AC yang wajib kita ketahui adalah kompresor, kondensor, evaporator, dan freon. Namun pada bahasan kali ini kita akan fokus membahas jenis-jenis kompresor AC refrigerator saja.

Kompresor atau pendingin adalah komponen yang berfungsi menghisap dan menekan uap refrigerasi yang berasal dari evaporator.

Uap yang terserap tersebut kemudian dikompres sehingga terciptalah suhu dan tekanan yang lebih tinggi yang membuat udara menjadi lebih dingin.

Pada intinya prinsip kerja kompresor adalah mengubah dan mempertahankan perbedaan tekanan dan temperatur pada sistem AC.


Jenis-Jenis Kompresor AC Refrigerator


merdeka.com

Sebenarnya kompresor dikategorikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan letak motor penggerak, berdasarkan cara kerja dinamik, dan berdasarkan cara kerja positif.

Namun pada bahasan kali ini kita akan membahas jenis kompresor AC refrigerator secara umum saja. Adapun beberapa penjelasannya sebagai berikut:

Kompresor Torak

Dinamakan kompresor torak karena merupakan jenis kompresor AC yang menggunakan sistem torak dalam cara kerjanya.

Yaitu gerakan maju mundur seperti prinsip kerja motor bakar dua langkah (2-stroke). Dimana akibat gaya maju mundur atau bolak balik yang dimilikinya kompresor ini dapat menghasilkan gaya inersia.

Merupakan jenis kompresor yang sudah banyak digunakan di bidang industri pendingin.

Namun kompresor ini tidak dapat digunakan secara ekonomis untuk pendingin bertekanan renda dan membutuhkan jumlah volume yang besar.

Kompresor Rotari

Terdapat dua jenis kompresor rotari yaitu tipe daun pisau tetap dan tipe daun pisau berputar.

Jenis kompresor AC kedua ini banyak digunakan pada pendingin yang membutuhkan kompresor kecil dengan sistem memutar sehingga memaksa komponen fluida pada AC juga ikut berputar.

Dengan berputarnya fluida maka gas atau cairan refrigeran otomatis akan ditempatkan pada sisi lainnya.

Keunggulan kompresor ini yaitu hemat dalam pemakaian listrik. Namun harganya lebih mahal dan sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Kompresor Sentrifugal

Sesuai dengan namanya jenis kompresor AC ketiga ini bergerak dengan cara berputar menjauh dari pusatnya untuk menempatkan fluida.

Gerakan sentrifugal ini bertujuan untuk menempatkan cairan refrigeran dan mengubah tekanan udara serta momennya.

Kompresor ini bekerja berdasarkan transfer energi dari impaler yang berputar ke udara. Biasanya pendingin yang menggunakan kompresor ini yang memiliki freon bertekanan rendah.

Kompresor Scroll atau Spiral

Fungsi utama keberadaan kompresor ini dalam pendingin adalah untuk memompa refrigeran.

Saat bekerja jenis kompresor ini akan memakai 2 buah spiral. Dimana saat spiral yang lain bergerak spiral yang satunya diam sehingga menghasilkan tekanan antara kedua komponen tersebut.

Kompresor Kerja Dinamik

Merupakan jenis kompresor AC refrigerator yang bekerja dengan cara memindahkan energi masuk pada sudu dengan sistem pembelokan aliran.

Sehingga energi kinetik pada kontemporer bertambah seiring dengan bertambahnya laju aliran.

Beberapa jenis kompresor yang tergolong ke dalam jenis kompresor kerja dinamik yaitu kompresor arah radial, kompresor arah axial, dan kompresor arah campuran.

Kompresor arah radial biasa juga disebut sebagai kompresor sentrifugal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sedangkan berdasarkan letak motor penggeraknya kompresor dibedakan menjadi kompresor jenis terbuka, kompresor jenis hermetic, dan kompresor jenis semi hermetic.

Kompresor sistem terbuka paling banyak digunakan. Merupakan jenis kompresor AC dimana komponen ini terpisah dari mesin penggeraknya.


Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis kompresor AC berdasarkan prinsip dan cara kerjanya. Kompresor ibarat bagian inti bagi AC layaknya jantung bagi manusia.

Jika kompresor mulai rusak maka bersiaplah untuk kehilangan AC lama. Oleh karena itu pengecekan rutin perlu dilakukan agar kompresor AC kamu tetap berfungsi dengan baik.

Next time kita bahas mengenai komponen AC lain yang tak kalah penting seperti kondensor dana freon. Semoga ulasan ini menjadi informasi yang berfaedah!

Baca Juga: Jenis-Jenis Baterai

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.