5 Jenis AC yang Paling Banyak Dicari Konsumen di Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui jenis-jenis AC terbagi ke dalam berbagai bentuk. Baik itu digolongkan berdasarkan prinsip kerjanya, bentuk, maupun komponen teknologi yang ada pada AC tersebut.

Sebelum memutuskan membeli AC, pertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi AC yang kamu butuhkan. Sesuaikan dengan daya listrik yang ada di rumah.

Dan yang paling penting sesuaikan dengan budget yang ada.


Jenis-Jenis AC


Berikut kami berikan beberapa rekomendasi jenis AC yang paling banyak digunakan oleh konsumen di Indonesia.

Yuk mari disimak!

AC Standing Floor

bhinneka.com

Jenis AC ini sering kita jumpai di berbagai acar, seperti seminar, talkshow, hajatan, ceremony, dan lain sebagainya.
Merupakan jenis AC yang unit indoor dan outdoor nya berdiri sehingga mudah dipindah-pindahkan.

Pengoperasiannya menggunakan remote control jadi sangat praktis.

Banyak juga yang menyebut AC standing floor sebagai AC Tower. Hal ini karena pemakaiannya yang diletakkan di lantai dan memiliki bentuk hampir seperti bangunan mini.

Kelebihan AC ini ini yaitu hemat energi sehingga tidak perlu khawatir tagihan listrik membengkak. Sedangkan kelemahan AC ini mengeluarkan suara yang cukup bising saat dioperasikan.

AC Low Watt

selka.id

Sesuai dengan namanya AC ini diciptakan sebagai bentuk inovasi untuk konsumen yang memiliki daya listrik terbatas.

Karena daya nya yang rendah, pendingin pada AC ini tidak sedingin jenis AC yang tidak low watt pada umumnya. Namun keuntungan menggunakan AC ini tentu saja lebih hemat dalam pemakaian listrik dibandingkan AC standar.

Kekurangan AC ini salah satunya harganya yang mahal dan kerja mesin kompresor juga lebih lama untuk mendinginkan ruangan.

Meskipun hemat listrik, namun banyak konsumen yang lebih merekomendasikan untuk membeli AC standar dibandingkan AC low watt.

AC Cassette

jenis-jenis AC
qcrimadad.org

Sebenarnya AC cassette adalah jenis AC yang cara kerjanya sama dengan AC pada umumnya. Hanya saja tipe AC ini cocok diletakkan di ruangan yang luas, seperti mall dan perkantoran.

Kelebihan AC cassette dilengkapi sensor ganda dan teknologi pendeteksi jumlah orang. Dimana AC akan bekerja sesuai dengan jumlah orang yang ada di dalam ruangan tersebut.

Semakin banyak jumlah orang maka secara otomatis AC akan mendinginkan ruangan dengan lebih maksimal.

Kekurangannya selain harga yang mahal, maintenance AC ini cukup sulit. Karena penempatannya di langit-langit sehingga dibutuhkan alat bantu dan orang yang sudah terbiasa dengan AC tersebut.

AC Inverter

mssgroup.id

Jenis AC dengan teknologi termutakhir sehingga AC ini dijuluki sebagai AC pintar. Dilengkapi oleh berbagai komponen yang dapat mengatur kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Salah satunya teknologi mendeteksi suhu ruangan. Saat suhu ruangan dirasa cukup dingin, maka sensor pada AC akan mengatur arus listrik yang digunakan dengan memperlambat putaran kompresor.

Kebanyakan Ac di perumahan kini menggunakan jenis AC inverter ini. Karena memiliki sensor termutakhir serta pemakaian yang ekonomis sesuai daya listrik di suatu ruangan.

Kekurangan AC ini salah satunya membutuhkan daya listrik yang tinggi saat baru dihidupkan. Sehingga banyak yang memilih untuk membiarkan AC ini tetap hidup dan jarang dimatikan.

AC Split Wall

indonesian.alibaba.com

Merupakan jenis Ac yang paling banyak digunakan baik itu di rumah, kantor, perusahaan, klinik, kampus dan tempat umum lainnya.

Keunggulan AC ini yaitu memiliki daya listrik kurang lebih sekitar 800 watt. Selain itu perawatannya cukup mudah sehingga tidak memerlukan alat bantu khusus untuk membersihkannya.

Dinamakan split wall karena bagian komponen AC yang terbagi dua. Bagian indoor yang mengeluarkan hawa dingin dan bagian outdoor tempat mesin AC berada dan mengeluarkan hawa panas saat menyala.


Itulah beberapa jenis AC yang paling banyak digunakan oleh konsumen di di Indonesia. Sudah diputuskan mau beli jenis AC yang mana nih untuk di rumah kamu nanti?

Baca Juga: Jenis Lampu TL LED

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.