5 Jenis Freezer ASI Terbaik Berdasarkan Review dari Banyak Kalangan

Berbicara tentang jenis freezer ASI tentu berkaitan dengan daya simpan ASI itu sendiri. Menurut informasi yang diberikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), setiap jenis freezer memiliki daya simpan yang berbeda.

Freezer pada kulkas 1 pintu dapat menyimpan ASI hingga 2 minggu, freezer pada kulkas 2 pintu 3-6 bulan, sedangkan freezer khusus ASI dapat menyimpan ASI 6-12 bulan lamanya.

Mengapa demikian?

Jika dilogika freezer khusus ASI adalah freezer yang di dalamnya hanya terdapat ASI tidak bercampur dengan bahan makanan atau minuman lainnya.

Sehingga tidak terjadi transfer bakteri ataupun jamur dari satu bahan ke bahan lainnya. Artinya keberadaan bakteri lebih sedikit pada jenis freezer khusus ASI, sehingga tidak terjadi kontaminasi silang.


Rekomendasi Jenis Freezer ASI


Secara umum freezer khusus ASI terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan jenis pintunya:

  • Chest freezer, merupakan jenis freezer ASI dengan tipe pintu yang digeser dari bagian atasnya. Mirip dengan freezer untuk menyimpan es krim di kebanyakan supermarket.
  • Upright freezer, jenis freezer ASI yang mirip dengan kulkas pada umumnya. Yaitu dengan pintu yang dibuka seperti pintu normal pada umumnya.

Tahukah Anda kini freezer ASI lebih banyak dicari ketimbang freezer atau kulkas pada umumnya. Hal ini karena semakin banyaknya ibu yang bekerja dan memasok ASI untuk kebutuhan bayinya.

Nah bagi para Mamah muda yang sedang menghadapi hal serupa, berikut kami rekomendasikan beberapa jenis freezer ASI yang berkualitas:

LG Freezer GN304SL

bukalapak.com

Sebenarnya freezer ini didesain untuk menyimpan makanan dan minuman beku pada umumnya.

Namun berdasarkan beberapa review freezer LG GN304SL direkomendasikan karena dapat menyimpan ASI dalam jangka waktu yang panjang.

Aqua Freezer ASI AQF S4

tokopedia.com

Produk buatan Jepang ini sudah terjamin kualitasnya dengan garansi kompresor hingga 7 tahun. Bebas karat, CFC, dan daya serap listrik yang rendah membuat freezer khusus ASI ini laku di pasaran.

Kecanggihan teknologi pada freezer ini menjadi solusi yang sangat tepat untuk menyimpan ASI perah tanpa khawatir rusak.

Modena MD 10W

jenis freezer ASI
bhinneka.com

Dengan desain chest freezer, Modena MD 10 W dipercaya mampu menyimpan ASI hingga 1 tahun lamanya.

Hal ini didukung oleh teknologi pendingin yang lebih cepat sehingga ASI lebih cepat dingin. Kelebihan freezer ini memiliki suhu terendah mencapai -25°C, jadi sudah pasti ASI perah Anda aman terjaga.

Bagi Mamah muda yang lebih menyukai tipe chest freezer ini, cukup keluarkan doku sebesar Rp 3,5 juta freezer Modena akan segera sampai di rumah Anda.

Sanken SK-S160

shopee.co.id

Hadir dengan desain cantik dan elegan jenis freezer ASI berikut ini memiliki beberapa keunggulan. Pintu yang terbuat dari dinding HD yang padat dan tebal.

Selain itu merupakan freezer yang hemat energi karena memiliki kompresor yang bekerja lebih cepat. Sehingga freezer cepat dingin, otomatis kualitas ASI perah pun akan terjaga kesegarannya lebih lama.

Toshiba GF-K169

inkuiri.com

Freezer ASI kelima ini memiliki kapasitas mampu menampung hingga 200 botol kaca ukuran 100 ml. Cocok bagi Mamah muda yang memiliki ASI melimpah sehingga daripada terbuang lebih baik disimpan.

Dengan ukuran dimensi 52 x 62 x 118 cm, keberadaan freezer ini tidak membutuhkan space yang terlalu besar di rumah Anda.

Jadi tidak perlu khawatir jika freezer ini hanya menambah sempit ruangan rumah Anda.


Nah, itulah beberapa rekomendasi jenis freezer ASI yang sekiranya berkualitas dan sudah banyak direview banyak orang.

Sebelum membeli freezer khusus ASI pertimbangkan terlebih dahulu nilai ekonomisnya. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak, agar budget yang dikeluarkan tak sia-sia begitu saja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.