Memahami Langkah-Langkah Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

Kenapa kita perlu untuk memahami segala hal yang berkaitan dengan instalasi listrik rumah?

Supaya saat terjadi konslet dan gangguan lainnya kita bisa dengan sigap memahami bagian mana yang mengalami kerusakan.

Listrik menjadi sumber utama di kehidupan modern ini. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, industri, hingga cakupan lebih besar negara.

Semua lapisan masyarakat dari berbagai kalangan membutuhkan listrik untuk keberlangsungan hidup mereka.

Di Indonesia sendiri terhitung hampir 95% masyarakat menggunakan sumber tenaga listrik. Hanya sedikit dari masyarakat kita yang hingga kini masih bertahan hidup tanpa listrik di daerah pedalaman.

Berbagai kepentingan berjalan lancar dengan adanya sumber listrik. Sehingga bila terjadi pemadaman seketika, maka banyak aktivitas maupun pekerjaan yang tertunda.


Pengertian Instalasi Listrik


pintarelektro.com

Instalasi listrik rumah adalah pemasangan kabel listrik agar listrik dari PLN dapat disalurkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Jika kita tidak memahami sama sekali tentang instalasi listrik, maka akibat paling fatal adalah bisa mengakibatkan kebakaran.

Karena saat terjadi konsletting atau tegangan rendah, kita bisa saja salah mengambil tindakan karena tidak memahami sama sekali tentang instalasi.

Adapun aliran listrik dari PLN diteruskan ke kwH Meter kemudian dari baru dialirkan ke seluruh penjuru rumah melalui kabel-kabel.

Instalasi listrik biasanya dilakukan berbarengan dengan pembangunan rumah atau gedung. Memang proses instalasi dilakukan oleh konduktor atau tim borongan yang bekerja sama dengan PLN.

Namun sebagai pemilik bangunan kita tidak bisa abai begitu saja dan tidak memahami proses instalasi listrik.

Karena PLN hanya bertanggung jawab dalam penyediaan listrik dan meteran. Sementara untuk proses pemasangan akan diserahkan kepada si pemilik rumah.

Setidaknya kita memahami fungsi dari perangkat atau komponen penyalur listrik dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Beberapa komponen penting diantaranya sakelar, alat pengukur, pentanahan, Panel Hubung Bagi (PHB), alat pengukur, pengaman jaringan, dan lain sebagainya.


Memahami Langkah Instalasi Listrik


instalasi listrik rumah
dekoruma.com

Langkah pertama yaitu menghitung luas rumah dan jumlah ruangan. Hal ini penting untuk menentukan jumlah dan panjang kabel yang dibutuhkan.

Pemasangan stop kontak dikaitkan dengan jumlah ruangan yang ada di dalam rumah.

Hal penting dalam pemasangan stop kontak adalah minimal ditaruh setinggi 125 cm dari lantai. Untuk menghindari dari jangkauan anak-anak.

Kedua, ketahui besaran daya listrik yang ada di rumah kita. Dengan menghitung besaran daya listrik kita dapat menentukan berapa Miniature Circuit Breaker (MCB) yang dibutuhkan.

MCB adalah perangkat yang berfungsi sebagai sistem proteksi arus listrik saat terjadi konsletting, arus pendek, dan lain sebagainya.

Ketiga mempersiapkan material komponen instalasi listrik. Beberapa komponen instalasi diantaranya adalah:

  • MCB
  • Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)
  • Boks MCB dan ELCB
  • Sakelar
  • Stop kontak
  • Kabel listrik
  • Isolasi
  • Pipa
  • Embodus (kotak sambungan)
  • Tedus.

Keempat penting untuk memahami kabel instalasi listrik. Artinya jangan salah dalam memilih kabel. Pastikan jenis kabel listrik yang digunakan sesuai dengan standar SNI.

Ukuran kabel berkaitan dengan arus listrik. Selain itu saat memilih kabel penting juga untuk mengetahui arti kode warna pada kabel.

Cek panduan lengkap yang telah dikeluarkan oleh SNI.

Langkah selanjutnya adalah membuat desain jalur instalasi listrik rumah. Jika dirasa langkah ini terlalu sulit, kamu bisa meminta bantuan kepada yang sudah ahlinya.

Setelah itu barulah dilakukan pemasangan kabel sesuai dengan desain yang dibuat.

Diawali dengan memasang kabel jalur utama yang diukur dari kotak MCB. Barulah disambungkan kabel lainnya dengan sakelar, stop kontak, dan komponen lainnya.

Sambungkan semua kabel yang sesuai dengan peruntukannya dan pasangkan komponen-komponennya. Yang perlu dijadikan catatan adalah pastikan semua sambungan kabel dan pipa telah ditutup isolasi demi keamanan.

Baca Juga: Harga Kulkas Portable

Langkah terakhir adalah uji coba mengaktifkan MCB. Jika saklar MCB sudah menyala, berarti listrik berhasil dialirkan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.