7 Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi

Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi – Ketika cuaca sedang panas, tentunya menggunakan AC menjadi salah satu cara untuk mendinginkan udara di ruangan agar tidak berasa gerah.

Bahkan tidak sedikit juga orang tua yang memasang atau menggunakan AC di ruangan di mana bayi mereka berada agar kamar tetap sejuk dan membuat si kecil anteng.

Sebenarnya memang bayi sendiri tidak tahan dengan suhu ruangan yang terlalu panas karena dapat mengakibatkan dehidrasi, kehausan atau parahnya dapat mengakibatkan heartstroke akibat panas.

Oleh karena itu menggunakan AC bisa menjadi salah satu cara agar suhu ruangan sejuk, namun tentunya dengan suhu yang diatur tepat agar bayi tidak kedinginan.


Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi


Memang, menggunakan AC bisa menyejukkan suhu ruang di mana bayi berada, tapi terlalu lama di ruangan ber-AC juga tidak baik untuk si kecil.

Terdapat beberapa efek samping jika bayi terlalu lama di ruangan ber-AC, terlebih jika suhu tidak disesuaikan dengan si bayi.

Efek Samping Pada Bayi

Berikut merupakan beberapa efek samping penggunaan AC ruangan terhadap bayi:

1. Metabolisme Tubuh Terganggu

√ 7 Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi
Image source: freepik.com

Salah satu efek samping penggunaan AC ruangan pada bayi yang berlebihan adalah dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Ketika tubuh bayi mengalami kondisi penurunan suhu yang drastis, tubuhnya akan mudah, sering sakit-sakitan atau tidak nafsu untuk makan.

2. Masuk Angin

√ 7 Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi
Image source: sehatq.com

Bayi atau balita menjadi mudah masuk angin ketika berada di tempat dengan suhu dingin.

Oleh karena itu, jika sedang di ruang ber-AC lebih baik memberinya pakaian dengan bahan wool supaya bisa menetralkan suhu.

Pastikan juga untuk tidak mengatur suhu AC terlalu dingin.

3. Suhu Tubuh Tidak Stabil

√ 7 Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi
Image source: istockphoto.com

Bayi juga bisa mengalami suhu tubuh yang tidak stabil atau mudah berubah yang bisa mengakibatkan daya tahan tubuhnya turun dan menjadi sulit tidur karena tubuh tidak nyaman.

4. Tubuh Lemas

√ 7 Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi
Image source: sehatq.com

Ketika balita baru saja pulih dari demam atau masuk angin, lebih baik tidak ditempatkan di ruangan dingin yang menggunakan AC, karena dapat membuat tubuhnya lemas.

Bisa juga dengan menggunakan kipas angin, namun kipasnya tidak langsung mengarah ke tubuh, bisa dengan membiarkannya bergerak ke kiri ke kanan atau posisikan kipas agak ke atas.

Kipas angin yang berputar ke segala arah juga bisa membantu ventilasi dan sirkulasi udara. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kondisi anak.

5. Mudah Pilek

√ 7 Efek Samping Penggunaan AC Ruangan Terhadap Bayi
Image source: mooimom.id

Bayi atau balita menjadi mudah terkena flu juga menjadi salah satu efek samping penggunaan AC ruangan yang berlebihan.

Biasanya diawali dengan gejala bersin-bersin kemudian hidung bayi atau balita pilek. Hal ini juga menjadi tanda kalau kekebalan tubuh mulai menurun.

Pastikan untuk memberikannya pakaian hangat dan jika tetap ditempatkan di ruangan ber-AC pastikan untuk mengatur suhu agar tidak terlalu dingin.

6. Sering Buang Air Kecil

Image source: hellosehat.com

Suhu udara pada ruangan yang terlalu dingin karena penggunaan AC berlebihan secara perlahan udaranya melepaskan zat pernama Phthalates yang bisa mengakibatkan sering buang air kecil.

Ini dikarenakan air seni yang ada di kandung kemih akan digunakan untuk tampungan air seni yang baru masuk sehingga tubuh menjadi mulas dan ingin buang air kecil.

7. Infeksi Jamur di Kulit

Image source: guebanget.com

Kulit pada bayi atau balita masihlah sangat rentan dan belum memiliki ketebalan atau kekebalan seperti orang dewasa.

Udara yang terlalu dingin di dalam ruangan membuat kulit bisa ditumbuhi jamur. Ini karena ada sifat jamur yang senang menetap di udara yang sejuk.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.