Doa Istikharah Beserta Keutamaannya

Doa istikhoroh adalah salah satu solusi dalam Islam ketika kita dihadapkan dalam pilihan sulit.

Setiap orang pasti akan menghadapi suatu permasalahan hidup, dan sudah sepatutnya kita hanya kembali kepada sang pemilik hidup kita.

Akan tetapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat diselesaikan. Sebab Allah tidak mungkin menciptakan suatu masalah bagi hamba-Nya tanpa solusi yang mengiringinya.

Hanya saja tinggal bagaimana kita berusaha untuk menemukannya.

Begitu juga dalam menghadapi permasalahan, Islam mengajarkan agar kita selalu dapat berpikir dengan kepala dingin dalam menentukan langkah dan mengambil keputusan.

Segala sesuatu yang dilakukan secara hati-hati dan berdasarkan agama merupakan hal yang paling benar.

Seperti halnya ketika kita dihadapkan pada suatu permasalahan yang mana mengharuskan kita berada di persimpangan pilihan yang sulit.

Alangkah baiknya jika kita kembali kepada Allah SWT dan memohon pertolongan kepada-Nya.

Caranya adalah dengan melakukan sholat istihoroh dan berdoa dengan khusyu dan ikhlas.


Sholat Istikharah


Sholat istikhoroh merupakan salah satu amalan sholat sunnah, yang dilaksanakan bertujuan untuk meminta petunjuk dan kemudahan dalam menentukan pilihan yang sulit hingga menyebabkan seseorang mengalami dilema dan kebimbangan.

Dilema akan pilihan tersebut biasanya berupa jodoh, pekerjaan, tempat tinggal, dan segala sesuatu yang memang memerlukan solusi agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

Dengan sholat istikhoroh, yang diharapkan semata kepada Allah SWT agar segala kesulitan yang dihadapi akan diberikan kemudahan, keringanan hati dan pikiran, sehingga kemudian menjadi lebih mantap dalam menetapkan keputusan.


Doa Istikhoroh


Berbicara mengenai tata cara sholat istikhoroh, sama seperti halnya sholat sunnah lainnya sebanyak dua rakaat.

Sebab sholat istikhoroh ini boleh berupa sholat sunnah apa saja.

Misalnya sholat sunnah tahiyatul masjid, sholat sunnah rawatib, ataupun lainnya. Yang membedakan disini adalah bagian niat dan doanya.

Karena yang terpenting adalah setelah melakukan sholat sunnah tersebut membaca doa istikhoroh, yang bacaannya seperti berikut ini.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (…) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ

هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ

رَضِّنِىْ بِهِ

“Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.”“Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

“Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (sebutkan Pilihan yang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya.”

“Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Ahmad dan Bukhari).


Keutamaan dalam Doa Istikharah


Dalam doa istikhoroh terdapat beberapa keutamaan di dalamnya, berikut ini ulasannya.

1. Memasrahkan Hasil pada Allah SWT

Pada dasarnya, sholat istikhoroh adalah untuk memohon petunjuk agar diberikan jalan keluar dari permasalahan yang sulit, kita harus tunduk dengan menyerahkan segala hasil kepada Allah SWT.

Juga agar jalan yang kita ambil ke depannya diridhoi oleh-Nya.

Oleh karenanya dengan memasrahkan kepada Allah SWT artinya kita mempercayai, jika yang dipilihkan oleh-Nya senantiasa pasti yang terbaik untuk kita.

2. Kemantapan Hati

Salah satu hal yang hilang ketika seseorang berada pada dilema adalah kemantapan hati.

Sehingga dengan doa istikhoroh diharapkan agar kita diberikan kemantapan hati untuk menentukan pilihan dengan tepat.

3. Menentukan Pilihan dengan Pertimbangan Agama

Artinya adalah bahwa dengan melakukan sholat istikhoroh, kita menggunakan jalur yang benar dalam menentukan pilihan dan tidak bertindak secara gegabah.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa dengan berdoa dan memasrahkannya secara ikhlas dan lurus kepada Allah SWT, Inshaallah kita akan diberikan keputusan yang terbaik.

Begitu pula, kita dapat terhindar dari godaan dan bisikan syaithan yang dapat menyesatkan.

Sedangkan mengenai bacaan sholatnya, setelah membaca Al-Fatihah disunnahkan untuk membaca Al-Kafirun pada rakaat pertama, kemudian Al-Ikhlas di rakaat kedua.

Meskipun sebenarnya dapat dilaksanakan kapan saja, namun agar mendapatkan kekhusyukan yang lebih, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat istikhoroh adalah malam hari setelah sholat isya.

Karena pada malam hari, ketika suasana sunyi kita bisa menjadi dapat lebih terfokus dan tenang dalam berkomunikasi dengan Allah SWT.

Berbeda dengan sholat sunnah tahajud yang dikerjakan dengan syarat harus tidur dahulu, sholat istikhoroh dapat langsung dilaksanakan.


Demikian penjelasan kami mengenai Doa Istikharah. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.