7 Dampak Buruk Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh

Dampak Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh – Menggunakan AC memang dapat membuat udara atau suhu ruangan menjadi dingin, apalagi ketika musim panas atau hawa sedang panas.

Keberadaan AC sendiri sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian orang dan memasangnya di rumah.

Di ruangan yang menggunakan AC, udara akan menjadi dingin dan membuat merasa nyaman ketika berada di dalam ruangan. Bahkan jika di kamar, dapat membuat tidur lebih lelap.

Namun, meskipun menggunakan AC sangat nyaman karena udara dingin yang dihasilkannya, ada juga dampak buruk penggunaan AC pada kesehataan yang perlu diketahui.


Dampak Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh


Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, termasuk juga menggunakan AC. Jika menggunakan AC secara berlebihan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh.

7 Dampak Buruk Pada Kesehatan Tubuh

Ada beberapa dampak buruk pada kesehatan yang bisa dihasilkan jika menggunakan AC secara berlebihan, beberapa diantaranya adalah:

1. Menurunnya Sistem Imun

√ 7 Dampak Buruk Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh
Image source: istockphoto.com

Sedikitnya sirkulasi udara segar di dalam ruangan yang terus-menerus menggunakan AC, dapat meningkatkan potensi penularan berbagai sumber infeksi seperti kuman, bakteri, atau virus.

Jika di dalam ruangan ber-AC ada yang sakit, maka memiliki kemungkinan besar untuk menularkan ke yang lainnya.

Hal ini tentunya akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang menurun karena udara di ruangan tersebut terbilang lembab.

2. Kulit Kering

√ 7 Dampak Buruk Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh
Image source: istockphoto.com

Ketika sering berada di ruangan ber-AC, salah satu dampaknya adalah secara perlahan akan mengurangi kelembapan kulit.

Tidak hanya itu, efek lainnya yang bisa mengakibatkan tubuh dehidrasi juga dapat memicu kekeringan pada kulit.

Ditambah lagi, ketika kulit sudah mengalami kekeringan, produksi selaput lendir pun secara otomatis akan berkurang.

3. Sesak Nafas

√ 7 Dampak Buruk Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh
Image source: shutterstock.com

Terus-menerus menggunakan AC atau berada di ruangan AC, tentunya sirkulasi udara segar dalam ruangan berkurang.

Dampak lainnya yang berpengaruh pada kesehatan adalah produksi lendir iritasi membrane akan terus-terusan diproduksi dan dapat mengakibatkan sesak nafas.

Selain itu, kandungan zat kimia paradichlorobenzene dan formaldehyde pada AC jgua dapat memicu penyakit pernapasan lain misalnya asma.

4. Mudah Lelah

√ 7 Dampak Buruk Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh
Image source: liputan6.com

Sadar atau tidak, terlalu sering menggunakan AC atau berada di ruangan ber-AC dapat membuat tubuh lebih mudah lelah.

Hal ini karena kurangnya udara segar alami yang masuk ke dalam tubuh atau paru-paru. Namun, sebenarnya bukan hanya mudah lelah saja.

Berbagai gangguan yang kemugnkinan akan muncul diantaranya seperti gangguan syaraf, gejala mual yang juga disertai dengan sakit kepala.

5. Dehidrasi

√ 7 Dampak Buruk Penggunaan AC Terhadap Kesehatan Tubuh
Image source: freepik.com

Sudah sedikit dibahas pada pembahasan dampak kulit kering, orang yang sering berada di ruangan ber-AC akan menjadi lebih rentan dehidrasi.

Ketika ada di ruangan yang dingin secara terus-menerus, tubuh manusia akan menguapkan air lebih cepat dan mengakibatkan menjadi cepat merasa haus atau ngantuk.

Jika kebutuhan mineral tidak tercukupi, tubuh akan berasa lemas dan dehidrasi juga bisa membuat orang susah fokus atu kehilangan konsentrasi.

6. Sakit Kepala

Image source: pixabay.com

Dampak buruk pada kesehatan lainnya pada penggunaan AC yang berlebihan adalah sakit kepala. Sakit kepala sendiri bisa dikatakan adalah efek samping penggunaan AC yang paling umum.

Jika terlalu sering menggunakan AC, udara dingin yang mengendap pada area kepala dapat memperlambat jalannya oksigen ke otak dan mengakibatkan mudah merasa pusing.

Sebenarnya cara untuk menghindari mengalami gangguan ini adalah sebisa mungkin untuk menghindari berdiam atau ada di posisi di bawah mesin AC.

7. Dapat Terkena Tortikolis

Image source: getwellnj.com

Tortikolis merupakan penyakit nyeri sendi yang kerap terjadi di area leher pada saat bangun tidur atau biasa disebut dengan salah bantal.

Jika terkena penyakit ini, otot-otot bagian leher terasa lebih kaku dan sulit untuk digerakkan serta mengakibatkan rasa nyeri.

Penyebab dari tortikolis sendiri sebenarnya bermacam-macam mulai dari pilek, infeksi telinga, bengkak di area leher, cedera kepala atau terlalu sering diselimuti/terkena hawa dingin.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.