Cara Menggunakandan Kelebih Charger Aki Otomatis

Charger Aki Otomatis – Aki pada kendaraan atau yang juga biasa disebut dengan accu merupakan komponen kendaran yang memiliki berbagai macam fungsi.

Beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai penyimpanan energi, sebagai komponen penyuplai energi ke starter, sebagai penyuplai energi ke sistem pengapian, lampu, AC, dan yang lainnya.

Namun terkadang tidak jarang juga ada beberapa kondisi di mana penggunaan aki tidak sesuai dengan kapasitasnya, membuat daya aki habis dan aki perlu di charger.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk charger aki adalah dengan menggunakan charger aki otomatis yang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis biasa.


Cara Menggunakan Charger Aki Otomatis


√ Cara Menggunakandan Kelebih Charger Aki Otomatis
Image source: shopee.co.id

Tidak hanya memiliki berbagai macam kelebihan, cara penggunaannya pun mudah dan tidak sulit. Berikut merupakan cara menggunakannya:

Melepas Aki di Mesin Kendaraan

Pertama lepas terlebih dahulu aki dari mesin kendaraan, jika menggunakan motor, lepas aki dari motor, jika mobil lepas aki dari mobil.

Melepas dan mengeluarkan aki dari mesin kendaraan akan mempermudah proses pengisian daya aki.

Memasang Charger Sesuai dengan Kutubnya

Jika aki sudah dilepas dari mesin, pasang charger dengan kutup yang sesuai posisinya. Langkah kedua ini perlu diperhatikan dengan baik agar tidak ada kesalahan pemasangan kutub.

Oleh karena itu, pastikan untuk memasang charger dengan kutub positif dan negatif yang sesuai dan tidak tertukar.

Hal ini sangat penting agar proses pengisian daya aki bisa berjalan.

Melepas Charger ketika Daya pada Aki Udah Terisi Sesuai dengan Kapasitasnya.

Meskipun termasuk yang praktis terlebih dapat berhenti mengisi secara otomatis, namun pengisian aki tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru.

Sebisa mungkin untuk tidak mencabut pengisan aki ketika masih belum penuh sesuai dengan kapasitasnya karena hal ini dapat mengakibatkan aki menjadi cepat soak dan rusak.

Hal yang sama juga berlaku jika memaksakan supaya aki terisi terlalu penuh. Oleh karena itu, umumnya ketika mengisi aki perlu bersabar menunggu kurang lebih 4 jam untuk kendaraan motor.

Charger aki otomatis ini bisa sangat membantu melakukan pengisian aki dengan lebih praktis sekaligus menjaga daya tahan aki agar tidak cepat soak atau rusak.


Kelebihan Charger Aki Otomatis


√ Cara Menggunakandan Kelebih Charger Aki Otomatis
Image source: tokoonline88.com

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan, tentunya bisa menjadi pertimbangan jika ingin membeli atau menggunakan untuk mengisi aki ketika daya aki habis.

Sesuai dengan namanya, merupakan alat untuk mengisi daya aki dengan fitur bisa melakukan pengisian dan bisa mati sendiri jika aki sudah terisi.

Dengan adanyajenis otomatis ini bisa dikatakan sangat membantuk pemilik kendaraan menjaga keawetan dan daya tahan aki kendaraannya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan kelebihan-kelebihannya:

Menjaga Usia dan Daya Tahan Aki

Karena fungsinya yang dapat digunakan secara otomatis yang mana jika aki sudah penuh maka pengisian secara otomatis akan berhenti dapat membuat aki lebih tahan lama dan awet.

Dapat Digunakan di Semua Jenis Aki

Tidak hanya untuk kendaraan tertentu, charger aki otomatis juga bisa digunakan untuk berbagai model atau jenis aki, baik itu basah, kering, kendaran motor atau mobil.

Terdapat Lampu Indikator

Memang tidak semua charger aki otomatis terdapat lampu indikator, namun jika menggunakan yang ada lampu indikator, maka akan mempermudah proses pengisian aki.

Praktis

Karena dapat mengisi dan berhenti mengisi secara otomatis, charger aki jenis ini tentunya jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan charger aki biasa.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.