Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin

Cara Merawat AC Sendiri – AC (Air Conditioner) merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Di Indonesia yang beriklim tropis AC bisa dikatakan menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang.

Menggunakan AC tentu dapat membuat udara lebih dingin dan sejuk, terlebih jika sedang musim panas atau hawa sedang panas.

Namun seperti alat elektronik pada umumnya, jika digunakan terlalu sering atau bahkan digunakan sepanjang hari terus-menerus, dapat mempercepat usia AC dan membuatnya cepat rusak.

Jika termasuk orang yang baru menggunakan AC, ingin menggunakan atau sudah menggunakan namun belum tau cara merawat agar AC bisa awet, lebih baik ketahui dulu cara merawatnya.


Cara Merawat AC Sendiri


Biasanya AC akan mulai mengalami masalah atau kendala jika jangka waktu penggunaan sudah 2 – 4 tahun.

Namun sebenarnya AC bisa bertahan dan awet lebih dari 10 tahun jika tahu, mampu merawat dan menggunakannya dengan benar.

Cara dan Tips Merawat

Berikut merupakan cara merawat AC sendiri yang bisa dilakukan agar AC awet, tetap dingin dan tidak mudah rusak:

Menggunakan Timer

√ Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin
Image source: tribunnews.com

Timer merupakan fitur pada AC yang sangat berguna untuk mengatur waktu penggunaan AC ketika menyalakannya dan membuatnya dapat mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Menggunakan fitur timer pada AC dapat mengatur intensitas penggunaan AC sesuai kebutuhan saja dan membantu agar AC tidak mudah rusak karena digunakan secara berlebihan.

Meskipun adanya fitur timer, alangkah lebih baik untuk hanya menyalakan AC maksimal 5 jam dalam sehari atau sekali pemakaian dan biarkan mesin dingin kembali.

Selain itu, sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22OC karena dapat membuat mesin AC cepat panas.

Alasan lainnya adalah karena suhu 22OC merupakan suhu ruangan yang pas untuk iklim di Indonesia.

Membersikan Filter

√ Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin
Image source: airoqa.com

Secara rutin untuk bersihkan filter AC dengan jangka waktu minimal 1-2 bulan sekali. Jika filter sudah terlalu kotor, bisa juga untuk menggantinya dengan filter yang baru.

Hal ini karena debu yang menumpuk pada filter AC akan mengahalangi aliran udara sehingga bisa mengakibatkan AC tidak bisa berfungsi secara optimal.

Karena fungsinya terganggu debu, AC juga bisa menjadi cepat rusak.

Membersihkan Kumparan Kondensor

√ Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin
Image source: bacaterus.com

Tidak hanya filter saja, tapi juga kumparan kondensor AC perlu diperhatikan dan diperiksa kebersihannya karena debu juga kerap menumpuk di bagian AC yang ini.

Debu yang menumpuk pada AC ini juga bisa mengganggu fungsi AC dan mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas.

Hal ini juga yang bisa mengakibatkan AC kelebihan beban dan dapat menimbulkan korslet. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan pada kumparan kondensor secara rutin.

Memeriksa Termostat

√ Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin
Image source: serviceacjogja.pro

Termorstat atau pengatur suhu juga perlu diperiksa selalu untuk memastikan kalau AC berfungsi dengan baik dan menjaga suhu atau temperature di dalam ruangan tetap stabil.

Ketika di ruangan yang ada AC sedang tidak banyak orang atau kegiatan, atur temostat dengan temperature yang lebih tinggi.

Namun, jika tidak ada orang sama sekali di ruangan tersebut atau di rumah, lebih baik AC dimatikan.

Periksa Kipas

√ Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin
Image source: tipsdantrikac1.blogspot.com

Periksa juga kipas pada AC yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas AC ada di kondisi yang baik dan bagus.

Lakukan penggantian kipas jika terdapat retak atau pecahan pada pisau kipas.

Melakukan Service secara Berkala

√ Cara Merawat AC Sendiri Agar Awet dan Tetap Dingin
Image source: id.depositphotos.com

Melakukan servis secara berkala juga dapat membantu agar usia AC bisa lebih lama dan lebih awet.

Untuk hal ini, bisa dengan menggunakan jasa layanan service AC. Biasanya produsen AC juga menyediakan layanan servis yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada AC.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.