Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Cara Menggunakan Mesin Cuci – Mesin cuci bisa dikatakan merupakan perangkat elektronik yang sangat membantu dalam urusan rumah untuk mencuci pakaian.

Jika menggunakan mesin cuci, tidak perlu lagi merasa lelah karena menyuci pakaian secara manual menggunakan tangan, mulai dari menyikat/mengucek, membilas, memeras dan menjemur.

Menggunakan mesin cuci memudahkan hal tersebut karena hanya perlu menekan tombol dan menunggu sesuai dengan waktu yang ditentukan, bahkan dapat sekaligus mengeringkan pakaian.


Cara Menggunakan Mesin Cuci


Tiap jenis mesin cuci berbeda cara penggunaanya, baik itu jenis dua tabung atau satu tabung. Mengetahui cara penggunaan yang tepat dapat membuat mesin cuci awet dan tidak cepat rusak.

Selain itu, dengan mengetahui cara menggunakannya juga bisa membuat hasil cucian pakaian lebih bersih, cepat dan efisien.

Berikut merupakan cara menggunakan mesin cuci sesuai dengan jenisnya:

Memisahkan Jenis Pakaian

√ Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya
Image source: thesun.co.uk

Baik itu mesin cuci satu tabung atau dua tabung, hal penting yang perlu dilakukan pertama kali adalah memisahkan jenis pakaian.

Hal ini karena beberapa jenis pakaian tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci, misalnya seperti pakaian dengan jenis bahan sutra atau bahan halus tertentu lainnya.

Perhatikan label yang ada pada mesin cuci dan pisahkan/singkirkan pakaian yang termasuk label hand wash only atau dry clean only.

Pisahkan juga pakaian sesuai dengan warna karena pewarna pada pakaian (yang baru) akan mudah luntur atau kehilangan warnanya ketika dicuci.

Warna yang luntur ini bisa menempel pada pakaian lain. Untuk mudahnya, pisahkan pakaian berdasarkan warna gelap dan terang.

Selain itu, pisahkan juga pakaian dengan bahan jenis denim atau jeans dan urutkan pakaian berdasarkan berat kainnya. Misalnya pakaian ringan seperti pakaian dalam dicuci secara terpisah.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Dua Tabung

√ Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya
Image source: tokopedia.com

Mesin cuci dua tabung merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya yang memang cukup terjangkau.

Dua tabung pada mesin cuci ini memiliki fungsi yang berbeda, satu tabung digunakan untuk mencuci, satu tabung sisanya digunakan untuk mengeringkan pakaian.

Berikut adalah cara menggunakan mesin cuci dua tabung:

1. Isi tabung untuk mencuci dengan air secukupnya dan sesuaikan volume air berdasarkan sedikit atau banyaknya pakaian yang akan dicuci. Pengisian bisa menggunakan gayung atau ember secara manual atau menggunakan selang diarahkan ke tabung mencuci.

2. Siapkan dan masukkan deterjen untuk mencuci secukupnya dan biarkan tercampur merata.

3. Jika sudah, masukkan pakaian yang ingin dicuci dan sudah dipisahkan sebelumnya.

4. Kemudian atur waktu pencucian dengan cara memutar panel timer dan sesuaikan dengan jumlah atau jenis cucian.

5. Selanjutnya buang air yang sudah digunakan mencuci tadi dengan memutar panel pembuangan.

6. Isi lagi air tapi tanpa deterjen dan ulangi siklus sebanyak kurang lebih dua kali untuk menghilangkan residu dari deterjen pada pencucian pertama tadi.

7. Jika residu deterjen sudah hilang, buang air lalu pindahkan pakaian ke tabung pengeringan di sebelahnya.

8. Atur waktu pengeringan dengan memutar panel timer pengeringan. Jika sudah, buka tabung dan keluarkan pakaian.

9. Selesai, pakaian siap untuk dijemur.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Satu Tabung

√ Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya
Image source: istockphoto.com

Mesin cuci satu tabung sendiri memliki jenisnya lagi, yakni jenis dengan pintu atas atau pintu depan. Namun keduanya mempunyai cara penggunaan yang cukup serupa.

Berikut merupakan cara menggunakan mesin cuci satu tabung:

1. Hubungkan selang dari mesin cuci ke saluran air yang ada di rumah. Berbeda dengan jenis dua tabung yang perlu diisi secara manual, jenis ini secara otomatis mengisi dan menyesuaikan.

2. Nyalakan mesin cuci lalu masukkan cucian pakaian yang sudah dipisahkan sebelumnya.

3. Tentukan siklus pencucian. Umumnya di meisn cuci otomatis ada beberapa pilihan yakni mencuci, membilas dan juga mengeringkan. Jika sudah tekan tombol start.

4. Mesin secara otomatis akan mengisi air dan menyesuaikan dengan pakaian di dalamnya. Pada proses ini masukkan deterjen untuk mencuci.

5. Selanjutnya mesin cuci akan melakukan proses pencucian secara otomatis berdasarkan opsi yang sudah ditentukan dan akan mencuci, membilas serta mengeringkan.

6. Jika sudah keluarkan cucian dan selesai. Pakaian siap untuk dijemur.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.