7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui

Cara Menggunakan Kulkas Baru – Kulkas merupakan perangkat elektronik dengan banyak fungsi dan manfaat yang berguna untuk mempermudah urusan rumah dalam hal makanan atau minuman.

Perangkat elektronik yang satu ini dirancang untuk menjaga suhu di dalamnya dingin dan dapat membuat makanan, minuman, buah, atau produk lainnya bisa disimpan dan tahan lama.

Beberapa kegunaan kulkas diantaranya adalah bisa membuat es batu, bahkan untuk jenis kulkas terbaru dapat menampung es batu lebih banyak.

Dengan banyaknya manfaat pada kulkas tentu banyak orang yang membelinya. Namun, jika baru membeli kulkas, ada hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai cara menggunakannya.


Cara Menggunakan Kulkas Baru


Secara umum mungkin sebagian besar orang sudah tau manfaat kulkas, tapi tetap ada hal yang perlu diketahui mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika baru membeli kulkas.

Cara menggunakan kulkas yang benar dapat membuat kulkas yang dibeli bisa memiliki usia yang lebih lama dan tidak cepat rusak atau bermasalah.

Cara dan Tips Penggunaan

Berikut merupakan cara dan tips menggunakan kulkas baru yang perlu diketahui:

1. Tidak Langsung Menggunakan Kulkas yang Baru Dibeli

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: id.sharp

Ketika membeli kulkas baru, alangkah baiknya untuk tidak langsung digunakan karena ketika dalam pengiriman ada kemungkinan kulkas diantar dalam posisi tidur, tegaak, atau bergoyang di perjalanan.

Di perjalanan pengiriman tersebut, oli yang ada di dalam kompresor bisa bocor ke dalam sistem pendingin.

Pada saat kulkas dinyalakan sebelum oli ada di posisinya yang seharusnya dalam kompresor, maka bisa mengakibatkan kerusakan pada kulkas karena adanya penyumbatan.

Umumnya, kulkas baru perlu didiamkan selama 6 -24 jam sebelum dinyalakan, tapi lebih disarankan lagi jika membaca buku panduan yang ada dalam pembelian kulkas.

2. Tidak Langsung Mengisi Kulkas Setelah Dinyalakan

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: shutterstock.com

Ketika sudah dinyalakan, hal yang perlu diperhatikan adalah tidak langsung mengisi kulkas. Sebisa mungkin usahakan untuk diamkan kulkas terlebih dahulu setelah menyala selama kurang lebih 3 jam.

Jika sudah, pengisian awal pada kulkas sebisa mungkin memasukkan muatan yang tidak terlalu banyak dahulu atau dengan jumlah yang sedikit.

Selain itu, ketika baru dinyalakan, atur suhu mulai dari yang terkecil hingga besar secara bertahap setiap 30 menit.

3. Tidak Memindahkan Kulkas dengan Posisi Horizontal

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: tokopedia.com

Jika kulkas berukuran besar, tentu orang akan berpikir lebih mudah memindahkannya secara horizontal, tapi tetap lebih baik memindahkannya dengan posisi vertikal.

Untuk memudahkannya sekarang sudah banyak tersedia alat bantu roda untuk bagian bawah kulkas yang memungkinkan untuk memudahkan dalam memindahkan kulkas.

4. Cairkan Bunga Es 2 Minggu Sekali

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: shutterstock.com

Sebagai bagian dari perawatan, lakukan pencairan bunga es yang ada di dalam kulkas dalam kurun waktu 2 minggu sekali.

Jangan gunakan benda keras dan biarkan meleleh dengan sendirinya sampai rontok dan mudah untuk diangkat dan dibuang.

5. Bersihkan Karet di Pintu Kulkas

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: blibli.com

Selain bunga es, karet yang ada di pintu kulkas juga perlu dibersihkan. Lakukan pembersihan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun cuci piring yang sudah dicampur air hangat.

Untuk rak-rak di dalam kulkas bisa dibersihkan dengan lap kain yang lembut. Bisa juga dengan mengeluarkan rak-raknya terlebih dahulu baru dicuci.

6. Pengaturan Pembuat Es Kulkas

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: portalmakassar.com

Ketika  membuat es batu atur suhu kulkas sampai ke maksimum agar proses pembekuan lebih cepat dan ketika sudah beku, atur suhu menjadi medium.

Tidak Langung Menyalakan Listrik Setelah Mati Listrik Mendadak

Listrik yang mati mendadak kerap kali terjadi dan kulkas masih dalam posisi ON. Jika mengalami mati listrik, cabut kulkas dari stop kontak untuk mencegah peningkatan arus di tabung kompresor.

Jika ada peningkatan arus pada tabung kompresor, terdapat kemungkinan terjadinya konsleting.

7. Matikan Kulkas dan Meteran Ketika Berpergian

√ 7 Cara dan Tips Menggunakan Kulkas Baru yang Perlu Diketahui
Image source: blog.spacestock.com

Jika berpergian lama dan tidak ada orang di rumah, lebih baik mematikan kulkas dan meteran PLN. Apabila pergi berhari-hari atau lebih, keluarkan semua isi kulkas, dan cuci bersih rak.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.