Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berdasarkan Permasalahannya

Cara Memperbaiki Mesin Cuci – Sekarang ini bisa dikatakan mesin cuci sebagai salah satu perangkat elektronik yang memiliki peran besar di rumah.

Dengan adanya mesin cuci, tidak perlu lagi cape-cape mencuci pakaian dengan cara menyikat secara manual, membilas, memeras lalu menjemur.

Hal ini karena mesin cuci mempermudah itu semua, jika menggunakan mesin cuci, hanya perlu menunggu saja, bahkan pakaian yang dicuci bisa sekaligus dikeringkan agar menjemur tidak perlu lama.

Namun jika mesin cuci mengalami masalah dan tidak dapat digunakan dengan normal seperti biasanya, tentu akan cukup mengganggu.


Cara Memperbaiki Mesin Cuci


Terdapat beberapa permasalahan umum mesin cuci yang tiap permasalahannya memiliki cara mengatasi yang berbeda-beda.

Berikut merupakan cara memperbaiki mesin cuci berdasarkan permasalahannya:

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

√ Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berdasarkan Permasalahannya
Image source: mirror.co.uk

Baik itu mesin cuci satu tabung atau dua tabung, tidak jarang juga akan mengalami permasalahan tabung mesin yang tidak berputar.

Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan tabung tidak berputar, berikut merupakan penyebab dan cara mengatasinya:

– Terlalu Banyak Muatan

Memasukkan terlalu banyak pakaian sekaligus ke dalam mesin cuci dapat membuat tabung macet dan sulit untuk bergerak/berputar.

Jika penyebabnya adalah terlalu banyak muatan, maka cara mengatasinya adalah dengan mengurangi beberapa pakaian agar tabung bisa berputar.

– Mesin Dinamo Rusak

Dinamo bisa dikatakan sebagai penggerak tabung mesin cuci. Dinamo yang rusak dapat mengakibatkan tabung mesin tidak bergerak/berputar sebagaimana mestinya.

Rusaknya dinamo sendiri bisa karena kabel putus, tali pada dinamo yang longgar, atau as yang kotor.

Jika kabel dynamo putus baik itu digigit tikus atau memang karena sudah tua, maka solusinya adalah mengganti dengan kabel dynamo yang baru.

Tali karet yang longgar juga perlu diganti agar tabung bisa kembali berputar dan jika masalahnya karena as yang kotor, maka bersihkan agar as tidak tersumbat oleh kotoran.

– Lid Switch Tidak berfungsi

Lid switch atau saklar pintu merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai alat pendeteksi pada mesin cuci. Komponen lid switch yang rusak bisa mengakibatkan tabung mesin tidak berputar.

Jika memang sudah tidak berfungsi, cara mengatasinya tentu dengan menggantinya dengan yang baru.

Kapasitor Mesin Cuci Rusak

√ Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berdasarkan Permasalahannya
Image source: panduanteknisi.com

Pada mesin cuci, kapasitor merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk melepaskan daya listrik ke mesin cuci ketika pertama kali dinyalakan.

Kapasitor yang rusak dapat mengakibatkan mesin mengeluarkan suara berdengung ketika menjalankan pengering tapi tidak ada putaran di dinamo.

Untuk mengecek rusak atau tidaknya bisa dengan menggunakan kabel ohm-meter pada kapasitor. Jika jarum tidak bergerak, bisa dipastikan kapasitor rusak.

Jika sudah mengetahui rusak, maka perlu diganti dengan kapasitor yang baru. Caranya buka kabinet di bagian belakang mesin cuci.

Biasanya kapasitor posisinya ditahan oleh alat dari logam atau plastik yang terhubung ke dinamo. Lakukan penggantian dengan hati-hati, tutup kembali kabinet mesin cuci.

Mesin Cuci Mengalami Kebocoran Air

√ Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berdasarkan Permasalahannya
Image source: thespruce.com

Masalah umum lainnya yang kerap ada pada mesin cuci adalah sering bocor dan tidak jarang membuat jengkel karena terus meneteskan air dan membuat lantai menjadi becek.

Penyebab dari masalah ini adalah karet seal pembuangan pada mesin cuci yang sudah kotor atau per pembuangan di dalam seal berkarat/patah.

Cara memperbaikinya adalah membaca contoh seal pembuangan ke toko sparepart untuk mencari gantinya. Pastikan untuk membawanya agar penggantinya benar-benar serupa.

Tidak Bisa Membilas dengan Bersih

√ Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berdasarkan Permasalahannya
Image source: thriftyfun.com

Permasalah lainnya adalah mesin cuci tidak bisa lagi membilas dengan bersih. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, bisa karena kelebihan beban/muatan atau overload, sehingga mengakibatkan putaran menjadi lemah dan tidak maksimal. Kurangi beberapa pakaian ketika membilas untuk mengatasinya.

Bisa juga karena pasokan air yang tidak mencukupi dan mengakibatkan putaran pada mesin cuci menjadi berat. Mengatasinya bisa dengan menambahkan air secukupnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.