Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berdasarkan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Kipas Angin – Kipas angin merupakan salah satu barang elektronik yang digemari oleh banyak orang, terlebih karena harganya yang terjangkau bisa menjadi alternatif jika belum bisa menggunakan AC.

Ketika musim panas atau hawa sedang panas, kipas angin dapat membantu menyegarkan ruangan dan mengurangi gerah akibat hawa yang panas tersebut.

Selain sebagai penyegar udara, ada juga yang menggunakannya untuk keperluan seperti membuat api pembakaran ketika membakar sate lebih stabil.

Namun, jika kipas rusak dan cuaca sedang panas tentunya akan memunculkan rasa kesal karena tidak ada yang membantu menyegarkan udara dan menghilangkan gerah.

Terlebih ketika sedang berhemat atau tidak ada uang untuk membeli yang baru, mau tidak mau harus menahan diri dan jika gerah hanya bisa mengandalkan kipas manual.


Cara Memperbaiki Kipas Angin


Jika kipas rusak dan sedang tidak ada uang untuk memperbaikinya atau membeli yang baru, cara lain yang bisa dilakukan adalah mencoba memperbaikinya sendiri.

Berikut merupakan cara untuk memperbaiki kipas angin yang bisa dicoba untuk dilakukan:

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

√ Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berdasarkan Penyebabnya
Image source: qhomemart.com

Kerusakan mati total termasuk jenis yang sering terjadi, cara mudah untuk memeriksanya adalah dengan menggunakan bantuan alat multimeter.

Sebenernya penyebab kipas angin mati total ini ada beberapa macam, bisa dari stop kontak atau dari kipas anginnya sendiri.

Jika mencoba berbagai stop konktak tapi tetap tidak menyala kemungkinan kerusakan berasal dari kipasnya.

Langkah yang bisa digunakan untuk memeriksanya adalah dengan menggunakan alat multimeter untuk mengukur resistan (Ohm).

Pastikan kabel sudah terputus dari arus listrik, kemudian buka penutup kipas angin.

Lalu hubungkan stick pengukur multimeter di salah satu ujung steker dan pengukur lainnya di sambungan kabel yang ada di dalam.

Jika jarum pada alat bergerak ke kanan maksimal, berarti kabel masih dalam kondisi bagus. Namun jika jarum tidak bergerak berarti kabel terputus.

Ketika sudah menemukan kabel yang terputus, maka ganti kabel pada kipas.

Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

√ Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berdasarkan Penyebabnya
Image source: xaviradura.blogspot.com

Ada kasus di mana kipas angin nyala tapi suaranya berisik. Hal ini disebabkan karena adanya baut-baut pengikat yang longgar, bantalan poros kesat/kering atau ada kotoran yang menumpuk.

Jika karena banyak kotoran yang menumpuk, maka segera bersihkan kipas angin agar tidak ada penumpukan debu.

Penumpukan debu ini membuat dynamo listrik pada kipas harus bekerja lebih keras dan mengeluarkan suara dengung. Jika tidak segera ditangani dapat memutus thermofuse pada kipas.

Jika bukan karena kotoran, periksa baut-baut pengikat di kipas dan berikan pelumas pada poros dan juga bantalannya.

Berputar Pelan

√ Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berdasarkan Penyebabnya
Image source: yourpersonalcareblog.blogspot.com

Selain berisik, masalah lain yang kerap ada pada kipas adalah nyala tapi berputarnya pelan.

Beberapa penyebab untuk masalah kerusakan ini adalah tegangan listrik yang kurang, atau bisa juga karena poros pada kipas angin yang kering.

Untuk cara memperbaikinya, pertama periksa terlebih dahulu tegangan listrik yang ada di rumah dengan menggunakan multimeter.

Jika tegangan listrik terlalu rendah, dapat mengakibatkan kipas berputar pelan. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik.

Karena jika disebabkan oleh tegangan yang terlalu rendah, seharusnya ketika menggunakan stabilizer kipas sudah berfungsi normal karena tegangan ke kipas stabil.

Namun jika disebabkan karena poros pada kipas yang kering maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelumas pada kipas.

Caranya sendiri cukup mudah, yakni buka kipas angin, lepaskan baling balingnya, kemudian berikan pelumas pada poros dan bantalan di kipas angin tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.