Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total

Cara Memperbaiki Aki Basah – Aki atau accumulator atau yang biasa disingkat accu merupakan suatu komponen yang menjadi sumber utama kelistrikan mobil.

Bisa juga dikatakan aki mobil memiliki fungsi sebagai baterai yang dapat menyimpan dan menyediakan kebutuhan energi listrik dari mobil.

Dalam prosesnya, aki pada mobil memanfaatkan dua proses utama yakni recharge dan discharge dalam menyediakan energi listrik.

Karena merupakan salah satu komponen penting dalam mobil, jika bermasalah maka banyak fungsi mobil yang tidak bisa menyala atau berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika mobil yang dimiliki menggunakan aki basah dan sedang bermasalah, baik itu rusak, mati total, sebenarnya masih bisa diperbaiki.


Cara Memperbaiki Aki Basah


Sebenarnya jika aki bermasalah, jalan singkat yang bisa dilakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru, namun aki basah juga bisa diperbaiki tanpa perlu menggantinya.

Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki aki basah pada mobil yang rusak atau mati total.

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Memperbaiki Aki Basah

√ Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total
Image source: moedah.com

Sebelum memulai proses perbaikan, tentunya perlu disiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk memperbaiki aki basah yang rusak.

Alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah:

  • Charger aki
  • Obeng
  • Air aki yang baru
  • Air tawar

2. Lepas Aki Basah dari Mobil

√ Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total
Image source: oto.detik.com

Jika alat dan bahan sudahselesai disiapkan, langkah selanjutnya adalah melepas aki basah dari mesin mobil.

Langkah ini diperlukan agar aki bisa dibersihkan terlebih dahulu baru sebelum aki basah diperbaiki di langkah selanjutnya.

3. Bersihkan Aki Basah

√ Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total
Image source: otoloka.id

Setelah aki sudah dilepaskan dari mobil, selanjutnya buka penutup dari aki basah tersebut menggunakan obeng dan bersihkan bagian dalam dan luarnya menggunakan air tawar.

Air tawar digunakan karena memiliki sifat netral yang membuat aki basah tidak berkarat ketika dibersihkan dan tidak menyebabkan korosi.

Selain air tawar biasa, bisa juga menggunakan air setengah panas. Ketika membersihkan bagian dalam aki, lakukan dengan cara mengocoknya agar bagian dalam aki bersih dan air aki lama keluar.

Lakukan pembersihan berulang kali sampai aki benar-benar bersih.

4. Keringkan dan Isi dengan Air Aki

√ Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total
Image source: indoparts.id

Jika sudah dibersihkan, selanjutnya adalah keringkan aki sampai benar-benar kering dan tidak ada sisa air lagi di bagian dalamnya.

Biasanya proses pengeringan aki yang habis dibersihkan akan memakan waktu 4 jam atau bahkan seharian.

Jika aki sudah benar-benar kering, selanjutnya isi dengan air aki yang baru. Namun sebelum diisi pastikan aki sudah benar-benar kering.

Untuk mengisinya bisa menggunakan bantuan corong kecil atau alat suntik yang memang digunakan untuk mengisi air aki.

5. Isi Daya Aki Basah

√ Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total
Image source: moedah.com

Setelah dibersihkan, dikeringkan dan sudah diisi dengan air aki yang baru, aki basah masih belum bisa langsung digunakan dan perlu diisi dayanay menggunakan charger aki.

Proses pengisian daya aki ini terbilang cukup lama, yakni bisa setengah hari atau seharian penuh sebelum akhirnya aki basah bisa digunakan lagi.


Kelebihan Aki Basah


√ Cara Memperbaiki Aki Basah Mobil yang Rusak atau Mati Total
Image source: rmk.co.id

Berikut merupakan kelebihan aki basah yang diantaranya adalah:

1. Aki Basah Bisa Diisi Ulang dan Diperbaiki

Jika sudah berhasil memperbaiki aki basah, tidak jarang yang merasa kalau penggunaan aki basah memiliki kelebihan yang mudah diperbaiki jika rusak atau mati total.

Bahkan jika memiliki alat-alat dan bahannya di rumah, memperbaiki aki basah bisa dilakukan di rumah tanpa perlu datang ke bengkel.

2. Usia Aki Basah yang Panjang

Selain mudah diperbaiki, aki basah juga memiliki usia yang relatif panjang. Tentunya kelebihan yang satu ini akan bisa dirasakan jika rutin merawat dan mengganti air aki.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.