Cara Membersihkan Kulkas Bagian Dalam dan Luar yang Benar

Cara membersihkan kulkas cukup mudah asal kita telaten dan tidak malas. Kulkas merupakan lemari pendingin tempat kita menyimpan bahan makanan dan minuman. Sebagai tempat penyimpan bahan makanan dan minuman sudah seharusnya kulkas rutin dibersihkan.

Di dapur, kulkas merupakan barang yang paling sering kita sentuh dan gunakan. Sayangnya mereka justru barang yang paling sering kita abaikan kebersihannya. Tanpa adanya perawatan rutin, noda dan sisa makanan akan menumpuk baik di bagian luar maupun dalam.


Cara Membersihkan Kulkas


Sementara kulkas yang tak pernah dibersihkan uga akan menimbulkan bau busuk dari bagian belakang mesinnya. Tentunya itu akan sangat menganggu aktivitas kita di dapur.

Tahukan kalian, jika kulkas bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman? Meskipun ada anggapan jika bakteri atau virus akan mati atau tidak bertahan di suhu dingin, bukan berarti kemungkinan itu tidak ada.

Makanan atau minuman kadaluarsa yang membusuk di dalam kulkas bisa menimbulkan bakteri dan kuman. Untuk itu kita harus rajin membersihkannya agar kulkas kita tidak menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Berikut ini cara membersihkan kulkas yang baik dan benar untuk bagian dalam dan luarnya:

1. Persiapkan Perlengkapan Kebersihan

Sebelum memulai membersihkan kulkas ada baiknya untuk mempersiapkan alat-alat untuk membersihkan kulkas terlebih dulu. Misalnya spons, air hangat, sabun, baking soda, ember, handuk kecil yang nantinya digunakan untuk membersihkan bagian dalam dan luar kulkas.

2. Siapkan Ruang untuk Menaruh Barang

Saat isi kulkasmu dikeluarkan kalian tentu butuh ruang untuk menaruh isi kulkas sementara bukan? Siapkanlah box atau meja kecil untuk menaruh isi kulkasmu.

3. Buang Makanan dan Minuman Basi

Hal yang dilakukan saat pertama kali kalian membuka kulkas adalah membuang makanan dan minuman yang sudah basi atau kadaluarsa. Jangan merasa sayang kepada makanan yang sudah basi atau kadaluarsa.

4. Kosongkan Isi Kulkas

Setelah semua makanan dan minuman basi dikeluarkan dan dibuang, kosongkanlah isi kulkas. Perhatikan benda-benda yang riskan hancur, seperti telur dan lainnya. Taruh mereka di bagian atas dari tumpukan isi kulkas lainnya.

5. Cuci Bagian yang Bisa Dilepas

Setelah semua isi kulkas dikeluarkan dan kulkas benar-benar kosong, lepaskan baagian-bagian yang bisa dilepas. Cucilah bagian-bagian tersebut dengan sabun dan air hangat sambil digosok-gosok dengan spons. Bilas hingga bersih kemudian keringkan dengan handuk.

Jika ada noda membandel, kalian bisa mencoba campuran sabun, air, dan baking soda. Buat pasta dari campuran ketiganya, lalu oleskan di noda membandel. Diamkan sebentar lalu gosok pelan hingga bersih. Bilas dengan air lalu keringkan dengan handuk.

6. Sterilkan Bagian Dalam Kulkas

Sterilkan bagian dalam kulkas dengan mengusapkan air hangat yang dicampur pemutih. Caranya ambil seember air lalu tuangkan satu sendok makan atau satu tutup botol pemutih kedalamnya.

Aduk cairan lalu celupkan spons kedalamnya. Pakai untuk membersihkan bagian dalam kulkas yang tidak bisa dicopot. Keringkan dengan handuk bersih.

7. Kembalikan Isi Kulkas

Setelah bagian dalam kulkas bersih dan kering, kembalikan rak-rak yang tadi di copot. Kemudian masukkan dan tata issi kulkas pada tempatnya.

8. Bersihkan Bagian Luar

Apabila bagian dalam sudah bersih, tentu bagian luar juga harus bersih. Tidak hanya bagian dalam yang bisa bernoda dan menjadi sarang bakteri bagian luar kulkas, terutama bagian pegangannya mungkin juga bernoda dan penuh bakteri.

Jagalah bagian luar kulkas kalian agar tetap bersih berkilau. Cara membersihkan bagian luar justru lebih mudah lho dibanding bagian dalamnya. Cukup semprotkan cairan pembersih serbaguna atau cairan pembersih kaca. Lap dengan kain bersih membulat searah jarum jam.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.