Cara Kerja Kulkas sebagai Lemari Pendingin Beserta Komponennya

Cara kerja kulkas bagaimana sih? Apa kalian pernah bertanya-tanya soal bagaimana kulkas kalian bekerja atau penasaran apa saja komponen di dalamnya?.

Ulasan di bawah ini akan membahas seputar dasar-dasar pendinginan di lemari es atau kulkas dan komponen-komponen utamanya.


Cara Kerja Kulkas


Lemari es atau kulkas merupakan lemari pendingin yang digunakan untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman.

Suhu rendah di dalam kulkas menjaga makanan dan minuman di dalamnya serta mengurangi laju reproduksi bakteri sehingga makanan tidak gampang basi.

Fungsi lain dari kulkas adalah untuk mentransfer panas dari dalam ke luar kulkas.

Itulah mengapa bagian luar kulkas terasa hangta jika kita pegang terutama bagian belakang kulkas.

Berikut ini komponen-komponen utama yang ada pada kulkas dan cara kerjanya.

Kompresor

Bagi kulkas, kompresor layaknya jantung bagi manusia. Komponen ini mengedarkan refrigeran ke seluruh sistem dan menambah tekanan ke bagian sirkuit yang hangat, lalu membuat refigeran menjadi panas.

Kondensator

Bagian ini berada di belakang lemari es yang mungkin paling sering berdebu.

Di dalam kondensator, zat pendingin didinginkan dan mengembun yang berarti zat tersebut berubah dari gas menjadi cairan.

Evaporator

Evaporator terletak di bagian dalam lemari es dan merupakan bagian yang membuat benda-benda di dalam lemari es menjadi dingin.

Ketika refrigeran berubah dari cairan menjadi gas melalui penguapan, refrigeran akan mendinginkan area di sekitarnya.

Tabung Kapiler

Tabung kapiler berbentuk seperti pipa tipis yang fungsinya sebagai alat ekspansi. Dimana refrigeran cair disalurkan melalui pipa ini dan disemprotkan ke evaporator.

Termostat

Kegunaan dari termostat adalah untuk mengontrol proses pendinginan dengan memantau suhu dan kemudian menghidupkan juga mematikan kompresor.

Saat sensor merasakan jika di dalam kulkas cukup dingin, maka alat ini akan mematikan kompresor.

Sementara jika alat ini mendeteksi keadaan kulkas memanas atau tidak dingin, alat ini akan menyalakan lagi kompresor dan kembali memulai proses pendinginan.

Bagaimana Cara Kerja Kulkas?

Kulkas bekerja dengan menyebabkan zat pendingin di dalamnya berubah dari cairan menjadi gas.

Proses ini disebut dengan penguapan yang mendinginkan area sekitarnya dan menghasilkan efek yang diinginkan.

BACA JUGA https://akumaubelajar.com/ilmu-alam/cara-kerja-ac/

Hal tersebut sama prinsipnya dengan saat kita meneteskan alkohol ke tangan kita dan saat alkohol itu menguap, maka rasa dingin kita rasakan.

Untuk memulai proses penguapan dan mengubah refrigeran dari cair menjadi gas, tekanan pada refrigeran perlu dikurangi melalui saluran tabung kapiler.

Efeknya mirip dengan botol aerosol spray. Kita umpamakan jika isi dari tabung aerosol itu adalah cairan atau tekanan, bagian jalan keluar spraynya adalah tabung kapiler, lalu ruangan yang disemprotkan adalah evaporator.

Itulah mengapa ketika kita menyemprotkan hair spray atau obat nyamuk, cairan di dalamnya berubah menjadi gas.

Syaratnya, agar lemari es tetap berjalan dengan semestinya, kulkas membutuhkan alat berupa kompresor.

Refrigerannya yang tadi berbentuk gas harus dikembalikan lagi dalam bentuk cair. Sehingga gas perlu dikopresi kembali ke tekanan suhu yang lebih tinggi. Disinilah peran dari kompresor. Efek yang sama terdapat juga pada pompa sepeda.

Setelah kompresor selesai bekerja, gas harus berada di bawah tekanan yang tinggi dan panas.

Kondisi itu perlu didinginkan di dalam kondensor yang dipasang di bagian belakang kulkas agar isinya dapat didinginkan oleh udara sekitar.

Saat gas mendingin di dalam kondensor, ia berubah kembali menjadi cairan. Kemudian refrigeran cair bersikulasi kembali ke evaporator di mana proses tersebut dimulai kembali.

Begitulah seterusnya cara kerja kulkas dilakukan secara serulang ulang.

Apa rasa penasaran kalian sudah terjawab tentang bagaimana cara kerjaa kulkas? Semoga penjelasan diatas bisa memberi penjelasan yang mudah dipahami.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.