5 Alat Penghemat Listrik yang Wajib Ada Di Setiap Rumah

Ada beberapa alat penghemat listrik yang perlu kalian pakai di rumah agar tagihan listrik tidak besar. Tagihan listrik yang tinggi tentu membuat siapa saja pusing. Untuk itu banyak orang yang mencari-cari cara bagaimana agar listrik dirumah menjadi irit.

Saat konsumen mencari produk hemat energi untuk membantu lingkungan sekaligus menghemat uang, banyak produsen menawarkan gadget yang lebih ramah lingkungan dari sebelumnya. Meski begitu, tidak semua sepadan dengan uang yang mereka keluarkan.

Tidak semua gadget benar-benar hemat dan ramah lingkungan, beberapa diantaranya sama saja dengan gadget pada umumnya. Untuk menghemat listri di rumah ada baiknya membeli peralaatan yang dapat membuatmu menghemat listrik, tapi jangan termakan iklan.


 Alat Penghemat Listrik


Beberapa konsumen bahkan ada yang membeli alat yang di klaim bisa menghemat listrik. Daripada kalian menghabiskan alat yang fungsinya belum jelas, lebih baik sediakan saja beberapa alat di bawah ini di rumah kalian. Dijamin, kalian akan menghemat tagihan listrik bulanan.

1. Lampu LED

image source: ruparupa.com

Dari sekian banyak pencahayaan hemat energi yang tersedia, bohlam LED menawarkan cahaya paling terang, tapi dengan harga yang lebih murah. Di pasaran sudah tersedia berbagai merk lampu LED, kalian bisa memilih sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, umur dari bohlam LED juga lebih panjang daripada bohlam biasa. Lampu LED merupakan alternatif yang baik dalam memberikan cahaya yang konsisten, hemat, dan aman.

2. Aplikasi Sistem Manajemen Energi

Saat ini sudah banyak gadget pintar yang bisa terhubung dengan aplikasi remot jarak jauh. Jika suatu saat kalian lupa mematikan AC atau televisi, kalian bisa mengontrolnya atau mematikannya dari tempat kalian berada lewat aplikasi.

Aplikasi seperti ini sudah banyak tersedia di Google Playstore dan App Store. Bahkan Google juga memiliki google assistant yang juga bisa digunakan untuk mengontrol gadget di rumahmu. Jadi, kalian tidak perlu khawatir lagi akan membuang-buang listrik.

3. Peralatan Rumah Hemat Energi

image source: nusakini.com

Apalagi yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi? Hal yang paling mendasar adalah membeli peralatan rumah yang hemat energi. Gantilah peralatan kalian ke peralatan yang hemat energi.

Pastikan besaran energi yang dibutuhkan peralatan sebelum membelinya. Semakin sedikit daya yang dibutuhkan, maka pengeluaran tagihan listrik akan semakin kecil.

Peralatan hemat energi menawarkan penghematan yang signifikan dalam pengoperasiannya. Seringkali peralatan hemat energi menghemat cukup uang sehingga alokasi uang tagihan bisa dipakai untuk keperluan lain.

4. Colokan/ Stop Kontak/ Smart Power Strip

alat penghemat energi
image source: id.aliexpress.com

Salah satu penyebab umum pemborosan energi listrik adalah pemakaian bodong. Apa yang dimaksud pemakaian bodong disini adalah kabel colokan elektronik dicolokkan, tapi tidak dihidupkan.

Meskipun barang elektronik dalam keadaan mati, tapi kondisi ddemikian menyedot sebanyak 8% daya listrik rumah secara Cuma-Cuma. Colokan atau stop kontak pintar akan membantumu menghentikan kebocoran yang ada.

Dengan colokan pintar daya akan terputus setelah barang elektronik sudah tidak digunakan atau saat pengisian baterai selesai. Jadi kalian tidak perlu melepas charger barang elektronikmu.

5. Charger dengan Timer

alat penghemat listrik
image source: jakartanotebook.com

Jika sebelumnya ada colokan pintar, maka selanjutnya kalian juga membutuhkan charger pintar. Kabel ini bisa kalian bawa saat berpergian. Ketika perangkan, seperti smartphone atau laptop kehabisan baterai pada waktu yang tidak tepat, alat inilah solusinya.

Seringkali daya baterai habis saat kita sudah mau tidur. Apabila ditinggal tidur daya bisa saja sudah terisi penuh dan itu tidak bagus unttuk ketahanan baterai gadget.

Solusinya adalah dengan mencabutnya, tapi itu sangat merepotkan jika terjadi ddi saat kita ssudah tertidur. Dengan steker ini waktu pengisian dapat disetel untuk mati secara otomatis setelah jangka waktu yang telah ditentukan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.