Alasan Pentingnya Menggunakan AC di Rumah, Wajib Baca

Alasan pentingnya menggunakan AC bisa kita lihat dari manfaat-manfaat yang kita dapatkan jika menggunakannya. Cuaca saat ini terbilang ekstrim akibat pemanasan global. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia, yang akan semakin panas udaranya di siang hari.

Bahkan malam hari sekalipun akan tetap panas jika kondisi cuaca sedang tidak baik. Entah di musim penghujan atau musim kemarau saat udara panas, angin yang berhembus pun terasa panas dan mengganggu.

Semua panas tersebut datang dengan konsekuensi serius bagi kehidupan dan kesehatan manusia. Lantaran hal itulah penggunaan AC secara cerdas menjadi sangat penting bagi kita terutama disaat cuaca sedang panas-panasnya.


Alasan Pentingnya Menggunakan AC Di Rumah


Kondisi yang panas menimbulkan banyak hal yang merugikan kita, mulai dari cepatnya berkeringat, pertumbuhan bakteri, mood jelek, dan lain sebagainya. Serangan panas yang terus menerus tentu tidak baik bagi aktivitas kita. Untuk itu kita memerlukan AC untuk beraktivitas.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dengan keberadaaan AC:

1. Kualitas Udara yang Lebih Baik

Penyejuk udara atau AC bersirkulasi dan menyaring udara, menghilangkan polutan, dan jamur dari udara. Ini sangat penting bagi yang menderita alergi atau asma karena meminimalisir iritan yang memicu serangan.

Tentunya ini hanya berlaku bagi AC yang terjaga kebersihannya dan filter juga selalu dibersihkan secara teratur. Jika tidak, AC justru bisa berpotensi menjadi polutan di dalam ruangan.

2. Lebih Sedikit Serangga dan Parasit

Filter AC juga mencegah serangga dan juga jauh lebih efektif daripada jaring anti nyamuk yang biasa kita pakai di jendela. Daripada membuka jendela lebar-lebar ketika panas menyerang, lebih baik menggunakan AC. Selain itu, tungau bahkan kutu hewan peliharaan akan pergi.

3. Meningkatkan Efisiensi Tenaga Kerja

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami kelelahan mental akibat cuaca yang terlalu panas. Kita menjadi mudah marah, tidak bersemangat, dan malas. Itu sebenarnya merupakan hal yang wajar saat kita terkena serangan panas.

Reaksi tersebut merupakan energi yang dikeluarkan tubuh untuk mendinginkan pikiran. Berhubung tubuh sedang digunakan untuk berpikir tentang bagaimana mendinginkan diri, maka nalar dan pikiran kita tidak bisa teralihkan darinya.

Itulah mengapa orang-orang yang bekerja didalam kantor ber-AC dapat membuat keputusan yang lebih baik. Aktivitas lain pun juga akan lebih ringan dikerjakan jika kondisi seseorang tidak kepanasan.

4. Tidur Lebih Mudah

ketika terkena serangan panas, perubahan fisik yang sama, yakni detak jantung dan tekanan darah yang lebih tinggi membuat kita marah. Seseorang dalam kondisi marah hampir tidak bisa tidur nyenyak atau bahkan terus terjaga.

Suhu inti tubuh seseorang juga merupakan faktor penting untuk bisa tertidur. Ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan mengganggu pengaturan suhu alami.

5. Melindungi Furnitur

Panas dan kelembaban yang meyertainya dapat merusak segala jenis furnitur. Kayu yang kehilangan kelembaban dan mendapat kelembaban dari sekitarnya akan mudah lapuk. Begitu juga dengan perabotan kulit yang terkena panas akan cepat busuk dan mengelupas.

6. Mencegah Noda Keringat

Keringat dapat meninggalkan noda pada pakaian dan furnitur, seperti sofa dan kasur. Tentu kita tidak mau barang-barang kesayangan kita tertinggal bekas keringat bukan? Menjaga kesejukan ruangan akan mengatasi semua itu.

Bayangkan jika baju yang kalian pakai ada noda bekas keringat yang menjamur, pasti akan memalukan jika ddilihat orang. Selain itu baju kesayanganmu pasti akan berubah warna karena noda bekas keringat. Untuk itu saat beraktivitas di hari yang panas solusinya adalah dengan AC.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.