Tips Memilih AC untuk Daya Listrik dan Ruangan Terbatas

AC untuk daya listrik dan ruangan terbatas mungkin banyak dicari oleh pasangan muda menikah yang belum memiliki anak. Disamping mereka belum membutuhkan ruangan yang besar, pengeluaran bulanan juga bisa ditabung untuk keperluan lain.

Jenis ac untuk daya listrik dan ruangan terbatas banyak dipilih oleh pasangan muda. Tak hanya pasangan muda. Mereka yang memiliki ruangan sempit dan daya listriknya terbatas pun pasti mengincar AC yang serupa.

Di Indonesia, pemekaian AC atau penyejuk udara masih sangat terbatas. Mungkkin dari 100 keluarga hanya 7 keluarga saja yang memakai AC dirumahnya. Hal itu disebabkan karena harga AC masih cukup mahal dan juga konsumsi listriknya pun tinggi.

Air Conditioner berkapasitass 1 PK saja bisa pemakaian listriknya rata-rata memakan 800 watt sendiri untuk pertama kalinya. Padahal tidak semua rumah memiliki daya listrik yang besar. Untuk rumah tangga kecil, biasanya satu rumah mematok daya pada 900 watt.


AC untuk Daya Listrik dan Ruangan Terbatas


Tentu jika dipaksakan memasang AC bisa-bisa listrik tidak kuat dan malah mati lampu saat barang elektronik yang lain ikut dinyalakan. Namun, hal itu sudah tidak menjadi persoalan yang berarti lagi. kini banyak produsen AC yang menawarkan AC low watt.

Meskipun low watt, tapi AC pintar zaman sekarang tetap dingin dan menyejukkan. Fitur-fitur yang ditawarkan pun menarik. Ada yang bisa dikontrol dari jarak jauh, hinggga klaim bebas virus dan bakteri. Jika sudah begitu, siapa yang tidak tergiur membeli AC.

Banyak produsen AC yang menawarkan dua pilihan produknya untuk daya listrik terbatas. Pertama AC dengan low watt dan kedua, AC dengan teknologi inverter. Teknologi inverter mengkonversi daya untuk mengontrol arus listrik, voltase, dan juga frekuensi AC.

Tips Memilih AC yang Tepat

Memilih AC yang hemat listrik dan juga sesuai dengan kebutuhan ruang adalah sesuatu yang perlu diperhatikan. Kalian tidak bisa sembarangan membeli AC hanya untuk gaya-gayaan atau karena ingin merasakan dingin saja.

Bisa-bisa bukannya untung malah buntung. Asal memilih AC apalagi ddengan harga murah bisa saja mengecewakan nantinya. Apalagi jika nanti rusak dan masa garansinya sudah habis. Wah, bikin tambah pusing. Belum lagi tagihan listrik yang membengkak.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli AC. Berikut ini tips nya agar kalian tidak salah dalam memilih AC:

1. Pilihlah AC dengan Daya Kurang dari 300 watt

Penting untuk memilih AC dengan konsumsi listrik kurang dari 300 watt bagi kalian yang rumahnya berdaya listrik rendah. Bila memilih AC dengan daya rendah, kalian tidak perlu menambah daya lagi untuk bisa memakai AC.

Terutama bagi kalian yang daya listrik rumahnya hanya 900 watt. Memakai AC diatar 300 waat akan membuat listrik rumah kalian padam karena penggunaan barang-barang elektronik lain yang juga besar.

Biasanya AC dengan kapasitas ½ PK hadir dengan listrik dibawah 300 watt. Untuk kapasitas ½ PK ruangan kecil pun sudah bisa dingin sepenuhnya.

2. Tentukan Model AC yang Sesuai Ruangan

Banyak tipe AC diluaran sana yang bisa menjadi pillihan. Ada model Split ada juga model portable. Keduanya cocok untu digunakan di ruangan sempit. Terutama AC portabel yang bisa dipindah-pindah.

Selain itu, AC portabel banyak produsen yang menawarkan harga dibawah 1 juta dengan daya listrik yang juga tidak tinggi. Kalian juga bisa memilih AC split untuk digunakan dua ruangan dengan menaruh AC di tengah kedua ruangan.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Hal terpenting saat memilih AC adalah jangan pernah tergiur dengan harga murah. Seperti kata pepatah, ada harga ada kualitas. Jika ingin kualitas bagus ya jangan pilih yang murahan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.