3 Merk AC Buatan Asli Indonesia dengan Teknologi Jepang

AC buatan Asli Indonesia cukup banyak dan dapat bersaing dengan AC buatan Jepang dan Korea. Selain memiliki kelebihan sebagai produk buatan anak bangsa, beberapa AC Indonesia juga memiliki spesifikasi yang menarik dan dijual dengan harga terjangkau.


AC Buatan Asli Indonesia


Beberapa AC di bawah ini mungkin tidak kalian sadari kalau itu buatan dalam negeri. Tak heran karena kualitas mereka cukup bagus untuk disandingkan dengan brand-brand asal Korea maupun Jepang.

Ada AC merk asli Indonesia sekaligus dibuat di Indonesia dan adapula AC merk luar, tapi dibuat oleh anak bangsa. Banyak pilihan AC buatan asli Indonesia yang dapat kalian pilih. Berikut ini beberapa produk AC buatan asli Indonesia dari beberapa merk terpercaya.

Cawang, AC Asli Buatan Indonesia

AC buatan Asli Indonesia
image source: cawang.co.id

Nama brand Cawang mungkin masih terdengar asing di telinga para konsumen. Cawang merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Thayeb Muhammad Gobel di tahun 1954. Awalnya perusahaan ini hanya memproduksi radio bertenaga baterai.

Saat itu Thayeb Muhammad Gobel bekerjasama dengan Konosuke Elektrikal Industri dan mengeluarkan sebuah brand dengan nama Nasional. Setelah itu, di tahun 1962 PT Transistor Radio Manufacturing yang tadinya hanya memperoduksi radio merambah ke produksi TV bersama Leppin Karya Yasa.

Di tahun 1970 PT Transistor Radio Manufacturing bekerjasama dengan Matsushita dan mendirikan Nasional Gobel. Selanjutnya perusahaan tersebut berubah menjadi Panasonic Manufacturing Indonesia. Di bawah PT Panasonic, terdapat anak perusahaan yang khusus bergerak dalam produksi AC.

Cawang AC Pro yang fokus memproduksi AC membuktikan jika karya anak bangsa juga tak kalah bagus dari produk luar. Slogannya adalah AC buatan Indonesia berteknologi Jepang. Pilihan produk-produk AC Cawang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ruangan.

Ada untuk ruang tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang pertemuan. Mulai dari ½ PK (5000 BTU/ H), ¾ PK (7000 BTU/H), 1 PK (9000 BTU/H), dan 1 ½ PK (12000 BTU/H). klaim dari Cawang, semua ACnya anti bocor dan karat, proteksi kebakaran, aman korsleting, dan tidak berisik.

Selain itu Cawang juga menawarkan AAC yang lebih cepat dingin, awet serta tahan lama dan berstandar SNI, hemat listrik, serta sehat dan ramah lingkungan.

Panasonic Indonesia

image source: toeic.or.id

Ini dia salah satu merk Indonesia yang produk AC nya sering menjadi best seller dan bahkan di ekspor ke luar negeri. Perusahaan yang merupakan “kakak” dari Cawang ini telah lama memproduksi peralatan rumah tangga salah satunya AC.

Panasonic memang merk asal jepang, tak heran jika produk elektroniknya berkualitas bagus dengan teknologi tinggi. Meski begitu Panasonic Indonesia, yang merupakan bagian dari PT. Panasonic Gobel Indonesia memperoduksi sendiri alat elektroniknya.

Dibuat di Indonesia oleh anak bangsa, beberapa AC dan alat elektronik lainnya disesuaikan dengan standar dan pengawasan Panasonic Jepang. Berikut ini beberapa produk AC buatan asli Indonesia dari merk Panasonic Indonesia:

1. AC Panasonic Si Biru

2. AC Panasonic CS-PN5TKJ ½ PK Split Wall Mounted Standard R32 Eco Smart

3. AC Panasonic CS-Kn5SKJ ½ PK Split Wall Mounted Low Watt R32

4. AC Panasonic CS-YN5TKJ ½ PK Split Wall Mounted Standard R32 Eco Tough

Polytron

image source: polytron.co.id

Polytron merupakan perusahaan elektronik yang didirikan oleh Hartono bersaudara. Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering. Kemudian perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT Hartono Istana Electronic di tahun 1976.

Lalu perusahaan itu merger dan menjadi PT Hartono Island Teknologi. Selama bertahun-tanun telah memproduksi berbagai perlengkapan elektronik, termassuk juga AC. Pabriknya berada di Kudus dan Demak. Berikut ini beberapa jenis AC yang ditawarkan Polytron:

Neuva AC Cassette

Jenis AC ini cocok untuk dipasang di gedung perkantoran, pertokoan, hoteng, hingga apartemen karena ini adalah model AC tanam. Pilihannya ada AC Cassette 2 PK – PCT2003-1 dan AC Cassette 5 PK – PCT5003-1.
Neuva Floorstanding

Cocok untuk ditarung di sudut ruangan besar, seperti gedung pertemuan maupun ballroom. Terdapat beberapa pilihan AC Floorstanding Polytron, yakni 2 PK – PSF 2003-1, 3 PK – PSF 3003-1, dan 5 PK – PSF 5003-1.

Smart Neuva ICE Series

Sangat cocok untuk rumah karena dilengkapi dengan teknologi terkini. Bisa dikrontrol dari manapun dan kapanpun. Tinggal download aplikasinya di Google Playstore, nama aplikasinya adalah Smart Home. Tidak berisi dan cepat dingin serta hemat listrik.

AC Deluxe 2 Series

Ini cocok untuk digunakan di rumah. Hanya saja belum berteknologi smart seperti seri Smart Neuva ICE. Tetap hemat listrik dengan hanya 450 watt.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.